Minggu, 06 Mei 2012

DAMPAK DARI PENGGUNAAN TELEPON SELULER

Telepon seluler adalah merupakan salah satu aplikasi penggunaan teknologi telekomunikasi nirkabel atau wirelles telecomunication yang bersifat portable. Istilah cellular sendiri didasarkan pada penggunaan stasiun yang memiliki banyak pemancar untuk meng-cover area dan memindahkan signal telephone secara berantai yang disebut “cell”.

Telepon seluler memiliki efek positif sehingga banyak orang tidak bisa begitu saja berhenti menggunakan. Telepon seluler memungkinkan komunikasi dengan orang lain dan teman-teman dan keluarga membantu menjaga kelangsungan hubungan yang dekat satu sama lain.

Berikut adalah dampak positif antara lain :
·         Penggunaan telepon seluler meningkatkan konektivitas, baik jarak dekat maupun jarak jauh, dan mengurangi jumlah waktu dimana kita tidak bisa berkomunikasi dengan orang lain.
·         Telepon seluler dapat membantu orang tua untuk mengetahui keberadaan anak-anak mereka, bisa menelepon mereka setiap saat.
·         Orang yang bekerja jauh dari keluarga tetap dapat berhubungan tanpa harus mengalami penderitaan menunggu surat lambat yang merupakan cara tradisional mengirimkan pesan sebelumnya.
·         Bisnis menjadi lebih mudah  ketika sedang berlibur dan jauh dari kantor tetapi tetap bisa mengontrol dengan menggunakan telepon seluler.
·         Pengguna ponsel seluler sekarang memiliki kemampuan untuk mengambil gambar dan video.
·         Terhibur dengan permainan dan aplikasi musik dimana saja.
·         Dapat menggunakan fasilitas internet dimana saja dengan mudah. Contohnya dapat mengakses akun jejaring sosial dari telepon seluler.







Kita semua akan jauh lebih baik tanpa menggunakan telepon seluler. Meskipun kenyamanan yang kita dapat, tapi dengan telepon seluler dapat mengakibatkan dampak negatif, yaitu :
·         Kepribadian Anak
Dampak negatif penggunaan telepon seluler yang paling mencolok pada anak adalah perubahan tingkah laku. Tentu saja hal ini juga akan berujung pada kepribadian anak tersebut. Terlalu sering menggunakan telepon seluler yang memiliki beberapa aplikasi dan fitur menarik, membuat anak tidak terlalu peka terhadap lingkungan.

·         Kesehatan
Dampak buruk penggunaan telepon seluler karena adanya radiasi sinyal RF. Hal ni disebabkan oleh radiasi gelombang elektromagnetik yang keluar dari telepon seluler. Telepon seluler dengan signal yang teratur juga tidak baik bagi kesehatan, ketika telepon seluler sedang mencari signal, radiasi yang keluar semakin kuat. Ada dua penyakit yang timbul akibat terlalu sering menggunakan telepon seluler, yaitu Alzheimer (kepikunan dini) dan penyakit tumor non kanker. Selain itu juga penggunaan telepon seluler yang terlalu lama akan menyebabkan gangguan pendengaran pada telinga kita.

Selain itu dampak negatif dari perkembangan teknologi telepon seluler yang terjadi pada orang dewasa:
·         Mengurangi sifat sosial manusia karena cenderung lebih suka berhubungan lewat internet daripada bertemu secara langsung.
·         Dari sifat sosial yang berubah dapat mengakibatkan perubahan pola masyarakat dengan berinteraksi. Manusia menjadi malas bersosialisasi dengan teman dan lingkungan sekitar.
·         Bagi orang-orang yang kurang bertanggung jawab, mereka menggunakan telepon seluler untuk kepentingan yang merusak moral dan psikologi orang lain dengan cara menyalahgunakan alat komunikasi tersebut untuk menyimpan dan merekam gambar-gambar porno.
·         Bagi orang-orang yang tidak bertanggung jawab, mereka menyalahgunakan telepon seluler dengan memunculkan praktik bisnis illegal dan ironisnya telepon seluler juga dijadikan ajang penipuan untuk mengeruk keuntungan dengan dalih menang dalam suatu undian di dunia maya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar